Categories
Uncategorized

Si Bahaya Virus Corona

Ohayo Milky Chan! Apa kabar? Kali ini Demin atau Dea Admin akan berbagi ulasan pertama di situs ini.

Nah, ulasan yang akan kita bahas kali ini adalah berita menggemparkan yang terjadi di dunia ini. Yaitu Virus Corona. Apa itu Corona? Gejala apa yang timbul di dalamnya? Dan bagaimana cara mencegahnya? Yuk, kita simak bersama.

sumber gambar virus : idntimes.com

Apa itu Virus Corona?

Chan, Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2(SARS-CoV-2) adalah sejenis virus yang berbahaya karena menyerang sistem pernapasan. Pastinya sudah ada penyakit yang ditimbulkan yaitu COVID-19. Ukuran virus ini sekitar 125 nanometer atau setara dengan 0,125 mikrometer. Virus ini pertama kali muncul di Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Diduga penyebarannya pertama kali dari laboratorium yang bocor dan meluas di Pasar Seafood Huanan, Wuhan yang menjual berbagai jenis binatang pembohong seperti katak, kelelawar, rubah, dan masih banyak lagi.

Gejala apa yang timbul dari Virus Corona dan bagaimana penyakitnya?

Virus Corona adalah virus yang melawan sistem manusia dan gejalanya secara konsisten dengan Pneumonia. Mulai dari demam, batuk, bersin, pilek, sakit tenggorokan, bahkan sesak nafas. Dapat dipastikan ada masalah setelah 2 hari bahkan 2 minggu setelah terpapar oleh bahaya Virus Corona ini, Chan. Jadi, diharapkan kamu tetap dalam keadaan terhindar dari flu ringan.

Mungkin, orang awam akan menganggap gejala ini adalah gejala yang sepele karena banyak orang flu yang dapat sembuh hanya dengan meneguk secangkir teh hangat. Beruntungnya, masyarakat kecil pun saat ini sudah waspada terhadap gejala COVID-19 karena penyebarannya yang sangat luas dan dianggap sebagai pandemi global menurut WHO.

Lalu, saat sudah terpapar Virus Corona, manusia akan mengalami penyakit COVID-19 dimana ia harus diisolasi di rumah sakit khusus agar mendapat perawatan intensif serta tidak ada penyebaran yang lebih luas lagi. Sudah banyak kasus kematian yang disebabkan penyakit ini dan orang yang terinfeksi. Bukan hanya hitungan jari, namun puluhan hingga ratusan ribu jiwa. Inilah yang menyebabkan penyebarannya sangat cepat dan luas hingga ke berbagai negara di belahan dunia.

Inilah yang menyebabkan adanya sistem Lockdown antar kota, bahkan antar negara. Ini diharapkan berupaya mengurangi penyebaran Si Bahaya tersebut.

Lalu, apa itu Lockdown serta Social Distancing? Dan bagaimana cara penyebarannya?

Nah, istilah Lockdown ini sudah tidak asing lagi di masa Virus Corona sedang marak diperbincangkan. Lalu, apa itu Lockdown?

Lockdown berasal dari bahasa inggris yang berarti terkunci. Sistem Lockdown ini sangat berpengaruh agar penerapannya tersebut bisa mengurangi penyebaran Si Bahaya tersebut. Penerapan ini berlaku di berbagai daerah hingga antar negara. Ini dibuat agar daerah ataupun negara yang terinfeksi bisa dilakukan karantina.

Sedangkan Social Distancing adalah menjaga jarak antar individu dengan individu lainnya dengan tujuan tertentu tanpa menyakiti perasaan. Ini diterapkan agar segala rencana pertemuan, acara, bahkan hal yang tidak perlu yang berhubungan dengan dunia luar tidak terjadi demi keselamatan diri sendiri.

Sudah kita ketahui bersama, penyebaran Virus Corona ini sangat cepat dan meluas. Kali ini Demin akan memberi beberapa contoh bagaimana penyebaran Virus Corona ini

1.) Yang pertama, penyebarannya melalui benda-benda mati. Jika seseorang yang terinfeksi Virus Corona, bersin dan menutup mulutnya dengan telapak tangan kosong, tanpa disadari ia akan menjamah permukaan benda mati di tempat umum. Lalu, orang-orang yang belum terinfeksi dan menjamah benda mati tersebut akan memegang kulit, menggosok mata, dan menyentuh area wajah sehingga tanpa ia sadari, ia akan terpapar Virus Corona.

2.) Yang kedua adalah sistem imun tubuh yang lemah. Saat bepergian dengan tubuh yang lemah, penyebaran virus ini bisa saja terjadi. Ini dikarenakan Virus sangat senang hidup pada tubuh yang sakit dan akan menyerang kesehatan manusia tersebut secara berkelanjutan.

3.) Yang ketiga adalah ketika kita stress. Stress sangat tidak baik bagi kesehatan seseorang. Inilah penyebab sistem imun tubuh manusia sangat lemah sehingga ia akan mengalami sakit dan mudah terpapar Virus Corona.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?

Virus Corona memang belum ditemukan vaksin yang dapat mencegah penularan dan menyembuhkan secara total. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga kebersihan diri seperti mencuci tangan sebelum makan dan menghabiskan waktu diluar rumah, membawa Hand Sanitizer saat keluar rumah, memakai masker bersih, tidak bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, dan minum air putih secara rutin. Gejala yang sepele bisa diatasi dengan hal yang sederhana dan mengurangi keburukan yang terjadi di dunia ini. Sekian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 4 =